Salah satu pengetahuan penting tentang logo adalah mengetahui jenis desain logo. Hal ini penting kita ketahui untuk mempermudah kita dalam membuat desain. Jenis desain logo apa yang ingin kita buat. Sebagai desainer logo atau orang yang ingin menjadi desainer logo profesional harus mengetahui hal ini. Atau bagi mereka yang ingin memesan jasa desain logo, setidaknya mereka sedikit banyak mengetahui jenis-jenis desain logo agar lebih sesuai dengan apa yang diinginkan.

Disini ada 6 contoh macam jenis desain logo yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Logo Wordmark / Logotype

ini adalah beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo wordmark

Logo wordmark / logotype merupakan sebuah logo yang menggunakan teks langsung dalam logonya. Jadi logonya hanyalah sebuah teks yang dijadikan sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk menyampaikan makna dari sebuah perusahaan. Teks yang terdapat dalam logo bisa berupa singkatan atau nama perusahaan / brand yang diusung secara langsung. Teks ini kemudian menjadi sebuah simbol yang bisa dibaca dan menjadi sebuah brand di tengah-tengah masyarakat

2. Logo Pictorial

Beberapa contoh perusahaan dan produk yang menggunakan jenis Logo Pictorial

Yang kedua adalah logo pictorial. Logo Pictorial atau dikenal juga dengan nama Logomark, Pada dasarnya jenis logo ini menggunakan gambar atau simbol tanpa ada peggunaan teks, namun dalam beberapa kasus teks juga digunakan namun hanya sebagai penguat, penjelas atau pendukung dari logo utamanya.

Membuat logo seperti ini tidak mudah karena harus memiliki kreatifitas dan profesionalitas yang tinggi sehingga logo tidak hanya menjadi sebuah gambar namun mempunyai makna dan filosofi yang erat dengan perusahaan atau brand yang diusung.

Disamping itu juga harus mempunyai pengalaman sehingga lebih bagus dalam pembuatan logonya.

3. Logo Abstract Mark 

perusahaan yang menggunakan jenis logo ini

Yang ketiga adalah logo abstract mark, logo ini hampir mirip dengan logo pictorial. Logo pictorial hanya menggunakan gambar atau simbol sedangkan logo Abstract Mark ini menggunakan shape (bentuk) abstrak sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung.

Namun tidak sembarang bentuk, bentuk abstrak yang dipakai dalam jenis logo ini memiliki makna atau arti filosofis tersendiri.

4. Logo Letter Mark

Logo jenis ini juga sering kita temui seperti contoh beberapa brand / perusahaan

Logo Letter Mark ini bisa dikatakan kebalikan dari Logo Abstract Mark karena Logo Letter Mark ini menggunakan huruf atau inisial sebagai logo utama dan tambahan shape (bentuk) atau gambar sebagai elemen pendukungnnya. Jadi tidak hanya simbol semata atau teks semata.

5. Logo Emblem

jenis logo emblem

Logo Emblem ini pada dasarnya memiliki sebuah elemen atau objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalamnya (seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub,  namun tak jarang juga ada perusahaan yang memakai jenis logo ini seperti contoh dibawah ini, jadi kata kuncinya seperti emblem.

6. Logo Character

Logo Character merupakan sebuah logo yang memakai karakter mahluk hidup (bisa hewan atau tokoh) atau karakter lain sebagai elemen utama logonya, dan di tambah dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya. Logo ini menggunakan gambar tapi gambar karakter.

Dari 6 macam jenis logo di atas akan lebih mempermudah kita dalam membuat desain logo, jenis logo seperti apa yang ingin kita buat.

Jenis desain logo biasanya disesuaikan dengan sesuatu yang ingin di ceritakan lewat logo seperti logo KFC, sebuah perusahaan makanan siap saji tapi logonya adalah karakter, di sana ada sebuah cerita yang ingin diceritakan.

Atau logo-logo yang lain, mereka mempuyai cerita dibalik adanya sebuah logo.

Bagaimana cara mengetahui kriteria logo yang baik? anda bisa baca disini